Widget edited by super-bee

Selasa, 19 Maret 2013

BAHAYANYA SINAR MATAHARI BAGI KULIT...

PANASSSSS..!!!!
LUARBIASA....

Saat ini Bumi benar-benar memprihatinkan, Melihat teriknya matahari yang langsung mengarah ke Bumi secara langsung, yang hanya di lindungi ozon atmosfir bumi yang semakin menipis

Membuat Bumi, Semakin Hari semakin Panas..
Untung saja Mulai ada gerakan-gerakan pencinta alam yang mulai megecam aksi perusakan alam besar-besaran. 
Semoga saja Bumi bisa menjadi lebih baik dari sekarang..

Dalam Kesempatan ini Penulis hendak menyampaikan Informasi seputar Manfaat Serta Bahaya dalam Sinar UltraViolet (UV),
Simak aja ya...?

MANFAAT SINAR UV :

Sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain :
1. Membantu pembentukan vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang.
2. Dalam dunia kesehatan digunakan sebagai seterilisator untuk alat-alat kesehatan dan seterilisasi ruangan operasi.
3. Membunuh bakteri-bakteri patogen pada air minum.

BAHAYA SINAR UV PADA KULIT

Kulit manusia dilengkapi dengan perlindungan alami dari sinar matahari yaitu pigmen melanin. Kulit yang gelap menandakan kandungan pigmen dalam jumlah banyak,. Penelitian membuktikan bahwa semakin banyak pigmen, semakin kecil kemungkinan seseorang terkena kanker kulit karena pigmen berfungsi sebagai penangkal dampak sinar UV yang dipancarkan matahari. Sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kulit, akan menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan. Kulit jadi cepat berkerut dan timbul bercak-bercak hitam yang kita kenal sebagai flek hitam.
Sinar Matahari tidak sepanjang hari merusak kulit, sebelum pukul 09.00 pagi justru penting untuk tulang. Kita justru harus waspada pada pancaran sinar yang berlansung sejak pukul 09.00 hingga 15.00, sebab disaat waktu tersebut sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat merusak kulit.

BAHAYA SINAR UV PADA MATA

Radiasi sinar UV pada mata akan menyebabkan terjadianya reaksi oksidasi pada lensa mata yang akan menimbulkan kekeruhan pada lensa sehingga timbullah penyakit yang disebut katarak, juga kerusakan pada kornea dan retina.

TIPS PERLINDUNGAN TERHADAP UV
  1. Penggunaan sun protector atau tabir surya dapat membantu menghindari cahaya berbahaya sebelum menembus kulit.
  2. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kaca mata hitam atau sunglasses bermanfaat bagi kesehatan mata antara lain membantu mengurangi cahaya menyilaukan yang masuk ke mata, melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet, serta mengurangi kontras.
Banyaknya aktivitas yang kita lakukan di luar ruangan dan di bawah sinar matahari langsung, memiliki resiko buruk bagi mata, seperti katarak, masalah pada kornea dan problem pada mata lainnya yang disebabkan oleh faktor umur.

“Untuk mencegah kerusakan permanen pada mata, sebaiknya semua orang, baik dewasa maupun anak-anak menggunakan kaca mata hitam atau topi”, tegasnya. Supaya lebih efektif, dua-duanya harus dipakai saat beraktivitas di luar ruangan untuk jangka waktu yang lama.

Penipisan lapisan ozon kemungkinan akan memperburuk efek kesehatan yang ada disebabkan oleh paparan terhadap radiasi UV, karena ozon stratosfir adalah penyerap UV radiasi sangat efektif. Sebagai lapisan ozon menjadi lebih tipis, filter pelindung yang disediakan oleh atmosfer semakin berkurang. Akibatnya, manusia dan lingkungan yang terkena tingkat radiasi UV yang lebih tinggi, dan tingkat UVB terutama lebih tinggi yang memiliki dampak terbesar pada kesehatan manusia, hewan, organisme laut dan kehidupan tanaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar